Senin, 26 November 2012

Elektron

Elektron adalah suatu partikel yang bermuatan negatif yang terletak didalam Atom dan terikat oleh inti Atom serta menyebabkan sifat kimia. Didalam logam, Elektron bersifat bebas "tidak terikat atom" sehingga dapat menghantarkan arus listrik. Dalam semikomduktor, aliran elektron dapat diatur sehingga dapat dibuat diode, transistor dan lain-lain. Nama Elektron diusulkan oleh G.J Stoney dan yang menemukan elektron dimulai dari percobaan yang dilakukan oleh J.J Thomson pada tahun 1897 dengan percobaan tabung sinar katode. Percobaan ini berhasil mengukur perbandingan antara muatan listrik dengan massa sinar katode itu. Menurut Thomson, sinar katode ini merupakan bagian dari Atom yang disebut sebagai Elektron.

Penemuan Elektron

Tahun 1838, Michael Faraday mengemukakan bahwa atom memupnyai muatan listrik. Atom-atom gas hanya dapat menghantarkan listrik dan menyala terang  pada tekanan rendah dan tegangan tinggi.

Tahun 1858, Heinrich Geissler dan  Julius Plucker membuat percobaan dengan mengunakan dua plat logam. Plat yang bermuatan positif disebut anode dan plat yang bermuatan negatif disebut katode. Kedua plat kemudian ditempatkan dalam tabung gelas yang dihampakan, dimana kemudian kedalamnya dimasukkan gas bertekanan rendah. Ketika dihubungkan dengan listrik tegangan tinggi, maka timbullah pancaran sinar dari katodemenuju anode. Sinar itulah yang disebut sinar katode.

Pada tahun 1891, George J. Stoney menamakan partikel sinar katode dengan nama elektron. Selanjutnya pada tahun 1897,Joseph John Thomson mengganti katode yang digunakan Geissler dan Plucker dengan berbagaimacam logam yang ternyata menghasilkan sinar katode yang sama. Hal ini membuktikan bahwa memang betul bahwa elektron merupakan partikel penyusun atom.  J.J Thomson juga berhasil menemukan perbandingan antara muatan dengan massa elektron yaitu  C g-1. Hasil eksperimen Thomson ditindaklanjuti oleh Robert Andrew Millikan pada tahun 1908 yang dikenal dengan Model Percobaan Tetes Minyak Millikan, yang berhasil menemukan muatan elektron yaitu sebesar 1,6.10-19 Coulumb.

Dari suatu ekperimen diatas, maka massa elektron (m) dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut :

Dari bebrapa percobaan yang dilakukan, ada beberapa sinar-sinar katode yang diketahui yaitu :

  1. Dipancarkan oleh plat bermuatan negatif dalam tabung hampa apabila dilewati listrik bertegangan tinggi.
  2. Dapat berjalan dalam garis lurus.
  3. Dapat memudarkan berbagai zat termasuk gelas.
  4. Muatanya negatif sehingga dapat dikelompokan oleh medan listrik dan medan magnet.
  5. Memiliki sifat cahaya dan sifat materi.
  6. Dan tidak tergantung pada jenis gas dan jenis Elektrode.


No response to “Elektron”

Posting Komentar

Tulias bila ada pertanyaan, kritik dan saran dibawah ini !